Measurement of Employee Work Productivity in the Production Department by Using Objective Matrix (OMAX) and Root Cause Analyze (RCA) Methods Pengukuran Produktivitas Kerja Karyawan pada Bagian Produksi dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) Dan Root Cause Analyze (RCA)

Main Article Content

Mohammad Bahrudin
Hana Catur Wahyuni

Abstract

CV. X adalah suatu perusahaan yang bergerak pada bidang makanan yang memproduksi baso ayam dan siomay ayam. Proses produksi sangat berpengaruh pada pencapaian target produksi.Karena proses produksi sangat erat hubungannya dengan produktivitas kerja maka peneliti ingin mengukur tingkat produktivitas pada perusahaan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui indeks produktivitas serta mengetahui penyebab menurunnya tingkat produktivitas perusahaan menggunakan metode OMAX dan RCA Hasil dari penelitian pada metode OMAX adalah tingkat poduktivitas yang rendah terdapat pada rasio 6 dan 7 yaitu rasio produk baik yang dihasilkan dan rasio total pekerja yang masing – masing mempunyai nilai 30.Selain itu tingkat produktivitas yang paling tinggi adalah rasio 2 yaitu rasio bahan baku yang digunakan dalam menghasilkan produk yang bernilai 60. Sementara pada metode RCA dapat dikethui penyebab terjadinya penurunan produktivitas adalah karena beberapa factor seperti factor manusia, mesin serta metode.

Article Details

How to Cite
Bahrudin, M., & Wahyuni, H. C. (2017). Measurement of Employee Work Productivity in the Production Department by Using Objective Matrix (OMAX) and Root Cause Analyze (RCA) Methods. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(2), 116-122. https://doi.org/10.21070/prozima.v1i2.1299
Section
Articles

References

[1] Christopher Febianto, T. (2009). Analisis Dan Perancangan Sistem Pengukuran Produktivitas Dengan Metode Objective Matrix Pada PT Geteka Founindo Skripsi Teknik Industri Universitas Bina Nusantara. Dalam D. Nopiandi, Pengukuran Produktivitas Untuk Mengidentifikasi Pemborosan Sumber Daya Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) Pada PT. XYZ (hal. 26). Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

[2] Yosan R.B, Kholoh M.,Purwanto.,2014, Proceding Seminar Nasional IENACO, Universitas Muahammadiyah Surakarta.

[3] Silalahi A.,A, Respianda, Yuniar, 2014, Usulan Strategi Peningkatan Produktivitas Berdasarkan Hasil Analisis Pengukuran Objectiv Matrix (OMAX) Pada Departemen Produksi Transformer (Studi Kasus PT XYZ), Jurnal Online Istitut Teknologi Nasional, Vol 2 No 3, hal 84- 95.

[4] Summanth, 1985, Productivity Engineering And Management, McGraw-Hill Book Company.