Efforts to Increase Productivity by Minimizing Waste Using From To Chart (FTC) Upaya Peningkatan Produktivitas Dengan Meminimasi Waste Menggunakan From To Chart (FTC)

Main Article Content

Achmad Fadli Islaha
Atikha Sidhi Cahyana

Abstract

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil laut, PT.XYZ merupakan sebuah pabrik pembuat tepung rumput laut, yang dalam perkembangannya terus melakukan perbaikan secara terus menerus demi tercapainya hasil produksi tepung rumput laut yang berkualitas. Akan tetapi dalam segi produktivitas perusahaan beberapa kendala dari beberapa faktor,terutama dari segi efektifitas dan terdapat banyaknya waste.Dengan dilakukannya penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui area-area yang teridentifikasi sebagai waste dan juga meningkatkan produktivitas mesin-mesin produksi dengan cara layout letak mesin-mesin. Sehingga di harapakan dengan penelitian ini perusahaan dapat meningkatkan produktivitas produksi.Metode yang bisa digunakan untuk menganalisa permasalahan dalam proses peningkatan produktifitas dan meminimasi waste adalah Metode From to Chart (FTC). Dimana metode ini melakukan perbaikan melalu layout ruang produksi sehingga proses produksi berjalan lebih cepat.

Article Details

How to Cite
Islaha, A. F., & Cahyana, A. S. (2017). Efforts to Increase Productivity by Minimizing Waste Using From To Chart (FTC). PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(2), 107-115. https://doi.org/10.21070/prozima.v1i2.1289
Section
Articles

References

[1] Wignjosoebroto, Sritomo, 2009, Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan, Guna Widya, Surabaya

[2] Nasution, R.H. Dan Hari purwanto.2014. Rancangan Ulang Tata Letak Mesin Di PT. KOROSI SPECINDO. Jurnal Ilmiah Teknik Industri (2015), Vol 3 No. 1,33 – 44, Universitas Pancasila.

[3] Hadiguna, Rika Ampuh Setiawan, Heri.2008, Tata Letak Pabrik, ANDI Yogyakarta, Yogyakarta

[4] Shanty, Kusuma Dewi Dan Tatok Sartono Dwi 2014.. Pendekatan Lean thinking Untuk Pengurangan Waste Pada Proses Produksi Plastik PE.Edisi Seminar Nasional IENACO,Universitas Muhammadiyah Malang, Malang