Analysis of Motorcycle Service Queues at Honda Authorized Dealers


Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Honda


  • (1) * Erwin Widiantono            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

  • (2)  Tedjo Sukmono            Universitas Muhammadiyah Sidoarjo  
            Indonesia

    (*) Corresponding Author

Abstract

Ahass honda merupakan suatu perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa service sepeda motor honda. Salah satu produk jasa yang menawarkan service motor seperti service ringan, service besar, injector clener, overhauld, ganti oli. Populasi kedatangan pelanggan di bagian service cukup banyak sehinggan mekanik tidaak dapat melayani secara optimal. Dengan simulasi menggunakan promodel dengan 4 pitstop maka mekanik dapat melayani sebanyak 60 motor saja dengan masing-masing mekanik melayani 15 motor. Dari usulan data yang telah di kumpulkan didapat 70 kedatangan dengan 5 pitstop dan 33 menit waktu service dengan perhitungan menggunakan Multiple Server di dapat hasil 7 menit waktu tunggu dan 5 unit pitstop dengan perhitungan menggunakan simulasi promodel di dapat dari kapasitas 70 yang dapat di tangani oleh mekanik adalah 69-70 motor setiap harinya.

References

Dimyati Ahmat dan Dimyati Tjutju Tarliah, 2010, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Margaret, et.al, 2012, Jurnal Integra, Usulan Rancangan Sistem Antrian yang Optimal dan Ekonomis dengan Menggunakan Simulasi ProModel, JurusanTeknik Industri, Vol.2, 41-56, Universitas Kristen Muranata.

Suparti dan Wulandari, 2014, Jurnal Teknik Industri dan Informasi, Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Yamaha Kondang Simo Dengan Simulasi Arena, Jurusan Teknik, Vol.3, No.1, Universitas Setia Budi.

Tannady, et.al, 2014, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Analisis Study Gerakan Dan Simulasi Antrian Untuk Peningkatan Produktifitas Pada Pelayanan Servis Motor, Jurusan Teknologi & Desain, Vol.2, 109-114, Universitas Bunda Mulia.

Wereh, et.al, 2014, Jurnal EMBA, Analisis Sistem Antrian Pada PT. Sinar Pasifik Internusa Manado, Jurusan Manajemen, Vol.2, No.2 Hal 1371-1380, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Picture in here are illustration from public domain image (License) or provided by the author, as part of their works
Published
2017-12-30
 
How to Cite
Widiantono, E., & Sukmono, T. (2017). Analysis of Motorcycle Service Queues at Honda Authorized Dealers. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(2), 99-106. https://doi.org/10.21070/prozima.v1i2.1297
Section
Articles