Analysis of Motorcycle Service Queues at Honda Authorized Dealers
Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Honda
Abstract
Ahass honda merupakan suatu perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa service sepeda motor honda. Salah satu produk jasa yang menawarkan service motor seperti service ringan, service besar, injector clener, overhauld, ganti oli. Populasi kedatangan pelanggan di bagian service cukup banyak sehinggan mekanik tidaak dapat melayani secara optimal. Dengan simulasi menggunakan promodel dengan 4 pitstop maka mekanik dapat melayani sebanyak 60 motor saja dengan masing-masing mekanik melayani 15 motor. Dari usulan data yang telah di kumpulkan didapat 70 kedatangan dengan 5 pitstop dan 33 menit waktu service dengan perhitungan menggunakan Multiple Server di dapat hasil 7 menit waktu tunggu dan 5 unit pitstop dengan perhitungan menggunakan simulasi promodel di dapat dari kapasitas 70 yang dapat di tangani oleh mekanik adalah 69-70 motor setiap harinya.
References
Dimyati Ahmat dan Dimyati Tjutju Tarliah, 2010, Sinar Baru Algensindo, Bandung.
Margaret, et.al, 2012, Jurnal Integra, Usulan Rancangan Sistem Antrian yang Optimal dan Ekonomis dengan Menggunakan Simulasi ProModel, JurusanTeknik Industri, Vol.2, 41-56, Universitas Kristen Muranata.
Suparti dan Wulandari, 2014, Jurnal Teknik Industri dan Informasi, Analisis Antrian Service Motor di Dealer Resmi Yamaha Kondang Simo Dengan Simulasi Arena, Jurusan Teknik, Vol.3, No.1, Universitas Setia Budi.
Tannady, et.al, 2014, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Analisis Study Gerakan Dan Simulasi Antrian Untuk Peningkatan Produktifitas Pada Pelayanan Servis Motor, Jurusan Teknologi & Desain, Vol.2, 109-114, Universitas Bunda Mulia.
Wereh, et.al, 2014, Jurnal EMBA, Analisis Sistem Antrian Pada PT. Sinar Pasifik Internusa Manado, Jurusan Manajemen, Vol.2, No.2 Hal 1371-1380, Universitas Sam Ratulangi Manado.
Copyright (c) 2017 Erwin Widiantono, Tedjo Sukmono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.